Berwisata Ke Kawah Ijen Banyuwangi

Berwisata Ke Kawah Ijen Banyuwangi

Berwisata Ke Kawah Ijen Banyuwangi

Siapa yang tidak kenal Kawah Ijen Banyuwangi? Sebuah kawasan wisata alam berupa danau yang  berada di atas Gunung Ijen. Genangan air di kawah ini nampak sangat menakjubkan. Sehingga banyak wisatawan baik asing maupun lokal yang tertarik, untuk mengunjungi kawasan wisata gunung berapi yang masih aktif ini.

Lokasi Kawah Ijen Banyuwangi

Objek wisata Kawah Ijen berada di ujung sebelah timur Provinsi Jawa Timur. Lokasinya ada di antara Kabupaten Bondowosa dan Kabupaten Banyuwangi.

Keindahan Kawah Ijen Banyuwangi

Meskipun Kawah Ijen adalah salah satu kawah dengan tingkat keasaman terbesar di dunia, yang artinya dalam hitungan detik dapat melumatkan tubuh manusia, namun pesona keindahan kawah dan alam sekitarnya tak mampu ditolak oleh siapapun. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke tempat ini.



Danau Kawah Ijen Banyuwangi yang berair hijau kebiruan yang dilingkupi kabut asap belerang di sekitarnya, merupakan pemandangan yang menakjubkan. Selain itu menikmati sunrise merupakan hal yang istimeewa jika disaksikan dari atas puncak Kawah Ijen. Nuansa eksotis alam yang luar biasa akan dapat Anda rasakan, saat sinar matahari yang berwarna keemasan memantul menembus kabut, ke dalam Kawah Ijen yang berwarna biru kehijauan.

Di dataran tinggi Kawah Ijen, Anda juga dapat melihat indahnya tanaman khas dataran tinggi yang hidup di sini, yaitu bunga edelweis dan cemara gunung. Di sekeliling lerengnya tumbuh pohon manisrejo dengan daunnya yang kemerahan. Pemandangan alam ini tentunya sangat mengesankan, ditambah warna khas dinding kawah yang semakin membuat indahnya pemandangan di sekitar Kawah Ijen.

Daya tarik yang paling fenomenal, yang tentunya tak boleh Anda lewatkan saat di Kawah Ijen adalah munculnya semburan blue fire (api biru) dari kawah. Api ini muncul di tengah kegiatan penambangan belerang, yang hanya bisa dilihat pada waktu dini hari hingga menjelang subuh. Dan fenomena alam ini hanya ada dua di dunia, di Kawah Ijen dan di Islandia.

Tips Wisata di Kawah Ijen Banyuwangi

Untuk dapat menikmati keindahan Kawah Ijen, Anda harus mendaki sejauh 3 kilometer. Untuk itu persiapkan diri dan bekali dengan asupan makanan yang cukup. Jangan lupa bawa masker, baju hangat, dan obat-obatan. Hindari mendaki saat musim hujan karena jalanan akan licin tentunya.

Dan yang tak kalah penting buang air kecil dan besar dulu sebelum mendaki. Karena di atas Anda tidak akan menemukan toilet umum. Lebih lanjut, pilihlah paket wisata Banyuwangi untuk berkunjung ke Kawah Ijen. Layanan kami di Yuk Ngetrip sangat cocok untuk memandu perjalanan Anda karena ditangani oleh tenaga berpengalaman.




Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *